JHT: Journal of Hospitality and Tourism
Vol 1, No 1 (2022): Journal of Hospitality and Tourism

Pengaruh Kesadaran akan Destinasi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung di Hademen Camp, Megamendung, Kabupaten Bogor

Samuel Samuel (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Wildan Rizky Rahadian (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Nisa Rahmaniyah Utami (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Fachri Maulana (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wisatawan akan destinasi dan motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung di Hademen Camp, Megamendung, Kabupaten Bogor. Kesadaran akan destinasi menjadi penting untuk suatu daerah tujuan wisata agar dapat menjadi sukses karena kesadaran tersebut menjadi unsur paling pertama yang wajib dimiliki. Lebih lanjut lagi motivasi juga menjadi penting dalam proses identifikasi hal-hal yang mempengaruhi wisatawan berkaitan dengan pemilihan daerah tujuan untuk berlibur dan berwisata. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Dari hasil analisis maka dihasilkan bahwa terdapat pengaruh baik dari kesadaran wisatawan akan destinasi maupun motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung di Hademen Camp, Megamendung, Kabupaten Bogor secara parsial dan simultan. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 50,5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kesadaran wisatawan akan destinasi (X1) dan motivasi wisatawan (X2) terhadap keputusan berkunjung (Y), sedangkan sisanya sebesar 49,5% dijelaskan sebagai kontribusi variabel lain yang juga berpengaruh selain kesadaran akan destinasi (X1) dan motivasi wisatawan (X2) namun tidak masuk ke dalam penelitian. Kesadaran wisatawan akan destinasi memiliki dimensi gambaran kognitif, gambaran afektif, dan gambaran konatif. Motivasi memiliki dimensi faktor-faktor motivasi pendorong dan faktor-faktor motivasi penarik. Dimensi keputusan berkunjung yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, dan perilaku pasca kunjungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesadaran akan destinasi dan motivasi berpengaruh secara nyata terhadap keputusan wisatawan untuk melakukan kunjungan. Hal ini memberikan masukan yang sangat baik dan berguna bagi pihak pengelola Hademen Camp, Megamendung, Kabupaten Bogor dalam selalu meningkatkan sarana dan prasarana yang ada dan menjaga kelestarian daerah tujuan wisata. Kata kunci : kesadaran akan destinasi, motivasi, keputusan berkunjung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jht

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Hospitality and Tourism (JHT) is a journal which is published by the Center of Research and Community Service of Politechnics Harapan Bersama Tegal. practitioners and academics, professionals, educators, lecturers and students who are interested in contributing and sharing studies and ...