Setiap orang memiliki peran dan fungsi yang harus dijalankan begitupun dengan guru Budi Pekerti dan PAI sehingga penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Cioma Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif menganguna alisis berbagai data berupa data serta kalimat. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa yaitu sebagai berikut: (a) sebagai suri teladan, (b) sebagai insfirator, (c) sebagai motivator, (d) sebagai evaluator. Kedua, faktor-faktor pendukung yaitu: (a) penguatan internal guru, (b) media pembelajaran, dan (c) metode. Ketiga, faktor-faktor penghambat yaitu: (a) sarana prasarana yang kurang memadai dan (b) kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Keempat, solusi dalam mengatasi faktor-faktor penghambat yaitu: (a) solusi terkait sarana prasarana dengan perluasan area masjid, dan (b) solusi dari kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah mengelompokan siswa yang tidak paham diberikan pelajaran secara khusus berupa bimbingan, motivasi, dan pretes
Copyrights © 2022