AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
Vol 19 No 2 (2018): AL QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA BAGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SD NEGERI DELES 01 BAWANG

Abdillah, Hanip (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran, terutama padapelajaran PKn materi mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945hasil amanedemen kelas VI, serta model pembelajaran yang monoton. Permasalanyang diungkap dalam penelitian ini adalah keefektifan model pembelajaran word squareberbantu media bagan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri Bawang 02Batang. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran wordsquare berbantu media bagan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SD NegeriBawang 02 Batang. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Negeri Bawang 02 Batang. Pengambilan sampelmenggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik sampling dalam penulisan iniadalah Non Probability Sampling atau sampling jenuh. Semua populasi kelas VI diambilsemua tanpa terkecuali. Kelas VI A dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontroldan kelas VI B dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Desain penelitianmenggunakan True Experimental Design. Metode pengumpulan data menggukan tes,dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah tesevaluasi yang telah di uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.Hasilnilai rata-rata pretes ke posttes kelas kontrol adalah 54,8 menjadi 70,7. Sedangkanhasil nilai rata-rata kelas eksperimen dari pretes ke posttest adalah 66,1 menjadi 85,5.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan uji-t dua arah diperoleh thitung=5,504 dan ttabel = 2,086 dengan dk= n1+n2-2 = 20+ 20 – 2 = 38. Berdasarkan kriteriapengujian bahwa diterima jika nilai , ternyata 5,504 >2,086. Maka ditolak sedangkanHa diterima. Berdasar hasil di atas artinya nilai rata-rata menggunakan pembelajarankonvensional tidak sama dengan atau lebih kecil rata-rata penggunaan model wordsquare berbantu media bagan terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan penggunanmodel word square berbantu media bagan lebih efektif daripada model pembelajarankonvensional. Dengan demikian guru disarankan saat mengajar menggunakan modelword square berbantu media bagan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Education Physics

Description

Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains ...