Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman, 2) adakah peningkatan keaktifan siswa setelah penerapan strategi pembelajaran flipped classroom. 3) seberapa besar peningkatan keaktifan siswa akibat penggunaan strategi Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa pretest sebesar 14,2 sedangkan nilai rata-rata keaktifan siswa postest sebesar 15,9 dengan demikian mengalamai kenaikan yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh hasil z tabel= dan nilai z hitung =. Dengan taraf signifikan 5% karena z hitung > z tabel. Serta adanya peningkatan pada hasil uji gain dengan kategori sedang sebesar 0,35. Disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi organ gerak pada hewan dan manusia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020