AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
Vol 21 No 1 (2020): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN

PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN IPA

Arlinah, Dwi (Unknown)
Nasokha, Nasokha (Unknown)
Firdaus, Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman, 2) adakah peningkatan keaktifan siswa setelah penerapan strategi pembelajaran flipped classroom. 3) seberapa besar peningkatan keaktifan siswa akibat penggunaan strategi Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa pretest sebesar 14,2 sedangkan nilai rata-rata keaktifan siswa postest sebesar 15,9 dengan demikian mengalamai kenaikan yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh hasil z tabel= dan nilai z hitung =. Dengan taraf signifikan 5% karena z hitung > z tabel. Serta adanya peningkatan pada hasil uji gain dengan kategori sedang sebesar 0,35. Disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi organ gerak pada hewan dan manusia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Education Physics

Description

Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains ...