Kurangnya motivasi belajar siswa, keadaan kontekstual, dan terkadang kebosanan dengan metodologi pembelajaran menjadi kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali meningkatkan hasil belajarnya dalam kemampuan mendeteksi informasi proposal dengan menggunakan metode berpikir kritis.Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan (PT). Seluruh 38 siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali menjadi sampel penelitian ini; jumlah siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 20 orang. Tes dan log observasi adalah alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini.Studi statistik peneliti mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I yaitu 50,53 melonjak menjadi 75,53 pada siklus II. proporsi penyelesaian nilai rata-rata Siklus I dan II telah meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali semakin mahir menerapkan proses berpikir kritis untuk mencari informasi tentang kegiatan atau topik penelitian.
Copyrights © 2023