Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Peqguruang, Volume 5, No.1, Mei 2023

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA PROPOSAL PENELITIAN MELALUI METODE CRITICAL THINGKING SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 POLEWALI

Frilianti, Ika (Unknown)
Sahabuddin, Chuduriah (Unknown)
Kurnia, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Kurangnya motivasi belajar siswa, keadaan kontekstual, dan terkadang kebosanan dengan metodologi pembelajaran menjadi kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali meningkatkan hasil belajarnya dalam kemampuan mendeteksi informasi proposal dengan menggunakan metode berpikir kritis.Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan (PT). Seluruh 38 siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali menjadi sampel penelitian ini; jumlah siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 20 orang. Tes dan log observasi adalah alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini.Studi statistik peneliti mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I yaitu 50,53 melonjak menjadi 75,53 pada siklus II. proporsi penyelesaian nilai rata-rata Siklus I dan II telah meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali semakin mahir menerapkan proses berpikir kritis untuk mencari informasi tentang kegiatan atau topik penelitian.

Copyrights © 2023