Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode team-based project dalam pembelajaran manajemen pelayanan di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pembelajaran setelah pandemi menemui kesulitan diantaranya kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan aspek keterampilan (skills). Selama pembelajaran daring, pembelajaran seringkali terfokus pada dosen yang menjelaskan, salah satunya dalam pembelajaran manajemen pelayanan. Team-based project diimplementasikan karena mahasiswa perlu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka khususnya dalam kompetensi manajemen pelayanan. Metode team-based project diimplementasikan melalui penugasan pemecahan masalah dalam manajemen pelayanan organisasi dan dianalisis dalam bentuk poster. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan Milles & Huberman model meliputi pengumpulan data, reduksi data dan pembuatan kesimpulan. Sumber data didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang selama ini pasif di kelas dan pembelajaran, selama implementasi team-based project menjadi lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan di kelompok karena mempunyai peran masing-masing selama menganalisis pelaksanaan manajemen pelayanan. Setiap kelompok mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menghasilkan proyek berupa poster yang dinilai dari kecepatan, ketepatan dan kerapihan
Copyrights © 2022