Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Peqguruang, Volume 5, No.1, Mei 2023

Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Arruanlebok, Haslina (Unknown)
Febryanti, Febryanti (Unknown)
Sahabuddin, Chuduriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian eksperimen yang dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dengan media aplikasi geogebra terhadap hasil belajar Matematika pada siswa. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas XI-IIS SMAN 1 Balla yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 54 orang. Oleh karena itu, seluruh anggota populasi ini digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes belajar Matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Bukti ini diolah dengan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Setelah diolah hasil analisis deskriptif diperoleh posttest yakni rata-rata (mean) dari hasil belajar Matematika kelas eksperimen yaitu 77,17 dan kelas kontrol 66,23. Data perhitungan uji-t pada data posttest diperoleh nilai  sebanyak 3,53  dan pada nilai 1,67. Itu berarti  yakni 3,53 1,67. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dapat disimpulkan bahwasanya menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media aplikasi geogebra berdampak positif pada hasil belajar Matematika siswa kelas XI SMAN 1 Balla.

Copyrights © 2023