Jurnal Family Education
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Family Education

Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar

Nadiva Khairul Nisa (Universitas Negeri Padang)
Syafril Syafril (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan multimedia interaktif pada proses belajar mengajar dikarenakan tidak adanya pembaharuan terhadap media bahkan untuk beberapa materi pembelajaran, media pembelajaran tidak tersedia. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada Pembelajaran Tematik Terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran oleh validator media 1 diperoleh 91% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil penilaian validator media 2 diperoleh 99% dengan kategori “Sangat Valid”. Dan penilaian oleh validator materi pada aspek kelayakan isi, penyajian, dan evaluasi diperoleh 93% dengan kategori “Sangat Valid” . Hasil uji praktikalitas kepada peserta didik terhadap multimedia interaktif dari aspek kemudahan penggunaan, materi, dan manfaat dapat dijelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh peserta didik diperoleh hasil 96% yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis canva pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...