Indonesian Health Journal
Vol. 2 No. 1 (2023): INHEALTH JOURNAL

Peran Public Relation Dalam Penanganan Complain Terhadap Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan

Dinda Zalsabila (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)
Besse Nurul Kafilawaty (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)
Abdul Rahman (Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa yang diterimanya akan menimbulkan keluhan. Akibat banyaknya keluhan membuat kualitas layanan Rumah Sakit ikut menurun dan berpengaruh terhadap loyalitas pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran publik relations dalam penanganan complain terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar. Jenis Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien instalasi rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar yang berjumlah 100 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji chi square. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel identifkikasi masalah berhubungan loyalitas pasien (p value=0,014<00,05), bahwa variabel respon time berhubungan loyalitas pasien (pvalue=0,003<00,05), bahwa variabel aksi dan komunikasi berhubungan loyalitas pasien (pvalue=0,005<00,05) dan bahwa variabel keadilan berhubungan loyalitas pasien (pvalue=0,009<0,005). Kesimpulan terdapat hubungan keempat peran public relation dalam penanganan complain. Akantetapi masih ada responden yang berpendapat bahwa pada variable respon time, aksi dan komunikasi masih kurang. Diharapkan untuk pihak rumah sakit RSUD Labuang Baji Makassar merespon dengan cepat terhadap pasien yang mengeluh serta menginformasikan solusi dengan jelas kepada pasien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inhealth

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Welcome to the official INHEALTH: Indonesian Health Journal website. INHEALTH: Indonesian Health Journal has the content of research results and reviews in the field of selected studies covering various branches of health science. This journal is published Twice (2 Kali) within a year of February ...