Abstrak: Pada masa sekarang ini siswa dengan kebutuhan khusus atau yang biasa juga di sebut disabilitas telah banyak bisa kita jumpai. Kelompok ini terdiri dari kebutuhan khusus pada fisik dan psikis mereka. Anak-anak dengan kebutuhan khusus ini memang sangat memerlukan perhatian dari semua orang terutam orang tua dan guru di sekolah tempat mereka berada. Kehadiran orang dewasa ini bisa memberikan rasa tenang dan nyaman dalam kesehariannya. Guru dan orang tua harus memiliki pemahaman yang baik pada kelompok anak disabilitas ini. Pada kota Singkawang yang memiliki lima kecamatan ini telah dilakukan penelitian untuk menganilisis sejauh mana penerimaan guru pada siswa disabilitas ini. Sebaran angket yang diberikan dengan 27 item pernyataan pada 38 orang responden dengan motode kuantitatif yang mengarah pada penerimaan berhasil memperoleh angka 65,96% sehingga bisa dikatakan penerimaan guru terhadap siswa berkebutuhan khusus ini mencapai taraf baik. Kata Kunci: siswa berkebutuhan khusus, penerimaan, disabilitas. Abstract: At this time, we can find many students with special needs or commonly called disabilities. This group consists of special needs on their physical and psychological. These children with special needs really need attention from everyone, especially parents and teachers at the school where they are. The presence of adults can provide a sense of calm and comfort in their daily lives. Teachers and parents must have a good understanding of this group of children with disabilities. In the city of Singkawang, which has five sub-districts, research has been carried out to analyze the extent of teacher acceptance for students with disabilities. The distribution of the questionnaire given with 27 statement items to 38 respondents with a quantitative method that leads to acceptance has succeeded in obtaining a figure of 65.96% so that it can be said that teacher acceptance of students with special needs has reached a good level.Keywords: special needs students, reception, disability
Copyrights © 2023