Journal of Social Knowledge Education (JSKE)
Vol. 2 No. 1 (2021): February

Penerapan Pendidikan Demokrasi Sebagai Wujud Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Sri Mulyani (Universitas Jambi)
Dhurrotun Nafisyah (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi sekolah dalam menerapkan pendidikan demokrasi sebagai wujud nilainilai pancasila di SMA Negeri 12 Merangin. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informasi ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan Pembina Osis/Ekstrakulikuler, dan siswa sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengguankan beberapa langkah yaitu mengolah data, merediksi data, menyajikan data, dan menulis hasil kesimpulan. Temuan Utama: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk penerapan pendiidkan demikrasi sebagai wujud implementasi nilai-nilai pancasila melalui kotak saran dan diskusi di kelas. Hambatan yang didapati kurangnya rasa tanggung jawab pada siswa, kurangnya rasa percaya diri, dan minimnya pemahaman siswa mengenai diskusi yang baik. Kebaruan/Originalitas penelitian ini: Pendidikan sebagai upaya perubah perilaku siswa untuk menjadi lebih baik dan dapat mengembangkan sikap demokrasi sebagai wujud implementasi nilai-nilai pancasila. Penerapan sikap demokrasi melibatkan banyak pihak seperti kepala sekolah, guru, dan seluruh warga sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSKE

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

This Journal of social knowledge education (JSKE) publishes research articles, results, and conceptual studies in Social Studies. The Journal of social knowledge education publishes research studies employing various qualitative and/or quantitative methods and approaches in Social Studies. The ...