Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2023): Juni 2023

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERMODIFIKASI COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KABUPATEN SERANG

Resti Hendriyani (Unknown)
Aan Hendrayana (Unknown)
Etika Khaerunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemecahan masalah dan keterbatasan siswa dalam menyerap dan mengolah informasi yang diterima. Terlalu banyak informasi dapat membebani siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model pembelajaran berbasis masalah yang dimodifikasi dengan teori beban kognitif kemungkinan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 2 Pabuaran. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL modifikasi CLT terhadap kemampuan menulis soal matematika siswa di Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Methode desain campuran tidak berimbang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PBL modifikasi CLT dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran PBL. Dalam penelitian ini digunakan alat untuk menguji kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL yang dimodifikasi CLT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kabupaten Serang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...