Indonesian Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 2 No. 1 (2022): May 2022

Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Literasi Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Misbah Binasdevi (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning berorientasi literasi lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah quasy experimental dan desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ulum yang berjumlah 39 orang terdiri dari 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah istrumen observasi dan tes yang terdiri dari 5 soal uraian tentang berpikir kritis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning berorientasi literasi lingkungan dengan kelas yang tetap menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai t hitung 2,154 > 1,687 dan juga berdasarkan nilai signifikan (2 tailed) 0,038 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Dapat simpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning berorientasi literasi lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijiee

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Elementary Education is an open access, peer-reviewed, journal published twice a year by the Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, ...