Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Konsepsi (Mei)

Keefektifan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share dalam Menyimpulkan Isi Puisi Siswa Sekolah Menengah Atas

Rosdiana Rosdiana (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Fathana Muchtar (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi puisi siswa kelas X SMA Nasional Makassar dengan model Think, Pair and Sharer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pre-test, treatment dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA II SMA Nasional Makassar yang berjumlah 64 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di atas meliputi angket, teknik tes, dan pengamatan. Teknik analisis datanya, yakni menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan puisi pada siswa kelas X SMA Nasional Makassar. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada tahap pretest berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 67,4 % dan pada tahap posttest berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 71,7 %. (3) Hasil analisis menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penggunaan model pembelajaran think, pair and share pada kemampuan menyimpulkan isi puisi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Think, Pair and Share memberikn pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Nasional Makassar khususnya pada kemampuan menyimpulkan isi puisi. Dengan demikian model pembelajaran ini layak digunakan oleh guru untuk meningkatakan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...