DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi
Vol 12, No 1 (2023): Dimensia: Jurnal Kajian Sosiolgi

Transformasi Nilai Maskulinitas Laki-Laki Pengguna Kosmetik

Ngafiatut Diniyah (Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Politik, Universitas Negeri Yogyakarta)
Farida Hanum (Departemen Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta)
Sasiana Gilar Apriantika (Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Politik, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Penelitian mengkaji alasan laki-laki menggunakan kosmetik dan transformasi nilai maskulinitasnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan laki-laki menggunakan kosmetik yaitu untuk mengatasi masalah wajah dan kulit, menjaga penampilan, merawat diri, sumber konsep merawat diri pada laki-laki, dan tuntutan pekerjaan. Penggunaan kosmetik pada laki-laki menunjukkan terjadinya transformasi nilai maskulinitas di masyarakat.  Laki-laki yang peduli dengan kesehatan wajah dan kulit melalui penggunaan produk kosmetik. Aspek-aspek maskulin ditunjukkan dengan peduli penampilan fisik selain memperhatikan penampilan dan tubuh berisi, cerah dan wangi). Penelitian menemukan bahwa telah terjadi perubahan atau pergeseran pada nilai maskulinitas yang ada di masyarakat ditunjukkan dengan penggunaan produk kosmestik.

Copyrights © 2023