KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 2 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM KUE KERING MELALUI BRANDING KEMASAN DAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING

Nur Aini Fauziah (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Janeeta Ala’aldin (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Mohammad Reihan (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Firmansyach Maulana Hariyono (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Ryan Arsy Hidayatullah (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Kalvin Edo Wahyudi (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat, terutama pelaku usaha dalam memanfaatkan media sosial sebagai ajang dalam pemasaran produk. Kemudahan teknologi ini dimanfaatkan para pelaku usaha UMKM untuk menambah penghasilan serta memperluasan pasar. Namun, kurangnya pemahaman tentang branding kemasan dan pemanfaatan digital marketing bagi UMKM menghambat keberhasilan usaha yang sudah dijalankan. Kemasan dan pemasaran menjadi hal yang penting karena memiliki daya beli dan ketertarikan tersendiri bagi para konsumen untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu, fokus pengabdian ini untuk menambah penghasilan atau laba melalui pendampingan dan pengedukasian seputar branding kemasan dan pemanfaatan digital marketing UMKM Kue kering di Desa Sumurmati, Kelurahan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi empat tahap yaitu tahap observasi, tahap identifikasi masalah, tahap pengaplikasian dan yang terakhir yaitu tahap pengontrolan. Yang pertama tahap observasi disini mahasiswa KKN terjun langsung ke UMKM kue kering untuk melakukan observasi bagaimana kondisi dan bentuk produk UMKM kue kering. Selanjutnya, pada tahap identifikasi masalah disini mahasiswa KKN mengevaluasi hasil observasi yang sudah dilakukan dan menyusun rancangan solusi untuk pengembangan produk serta perluasan pasar untuk diaplikasikan pada tahap pengaplikasiaan produk. Dan yang terakhir dilakukannya pengontrolan apakah solusi yang dilakukan berhasil dan terus berkembang. Kegiatan ini akan terus didampingi untuk inovasi berkelanjutan. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan kemajuan dan peningkatan perluasan pasar serta peningkatan penghasilan dari UMKM kue kering karena branding dan digital marketing yang sudah dilakukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...