Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
Vol 9 No 1 (2021)

PENGARUH GREEN PRODUCT AWARENESS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GREEN BODY CARE

Fidia Tridiwianti (Universitas Negeri Surabaya)
Harti Harti (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari green product awareness dan pengetahuan produk pada keputusan pembelian produk green body care. Jenis penelitian ini adalah kausal menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun riset ini menggunakan metode survei dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 100 orang responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online. Angket tersebut memperoleh 114 tanggapan responden, peneliti memilih 100 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian yaitu konsumen yang pernah membeli produk green body care. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menjelaskan variabel green product awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian green body care dengan nilai signifikansinya sebesar 0,145 > 0,05. Sedangkan variabel pengetahuan produk secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk green body care yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil uji R2 variabel independen secara simultan memiliki sumbangan pengaruh sebesar 48,5%.Kata Kunci: Green product awareness, pengetahuan produk, keputusan pembelian

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptn

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi: Pembelajaran ...