Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi pemberian pelayanan puskesmas kepada masyarakat di Puskesmas Jatiluhur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas eksternal Puskesmas Jatiluhur dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keunggulan komunikasi yang berperan sebagai pengelola menggunakan riset dan dialog untuk membangun komunikasi yang baik kepada publik. Metode penelitian kualitatif yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kehumasan eksternal pelayanan puskesmas di Jatiluhur didasarkan pada indikator A3: Attention, Action, Attitude. Pelayanan di Puskesmas Jatiluhur perlu dievaluasi secara berkala dari kegiatan eksternal dan perlu peningkatan sarana dan prasarana serta program yang bersentuhan dengan masyarakat sekitar.
Copyrights © 2023