GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 1 No 2 (2020): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

PERUBAHAN PRILAKU KONSUMEN DAN EKSISTENSI UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19

Andayana, Made Ngurah Demi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

Pandemi covid-19 adalah wabah yang tidak pernah diduga, memilik berdampak sangat luas terhadap segala tatanan kehidupan masyarakat dunia. Transportasi, pariwisata, manufactur, jasa dan konstruksi mengalami penurunan signifikan. Dampak dari penurunan aktifitas di berbagai sector ini adalah penurunan daya beli masyarakat dan penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi. Indonesia juga mengalami persoalan yang sama, maka langkah langkah penyelamatan dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan berbagai stimulus termasuk kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pelaku UMKM juga perlu mengambil langkah langkah strategis untuk menjaga eksistensi usahanya secara mandiri, salah satunya dengan menyesuaikan dengan perubahan prilaku konsumen akibat pandemi covid -19. Perubahan prilaku konsumen tersebut antara lain konsumen menginginkan produk yang fokus pada nilai, mayoritas konsumen berbelanja secara on line dan konsumen menginginkan produk dan jasa sehat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...