JURNAL CURERE
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Curere

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP DASAR IPA MAHASISWA

Dedi Holden Simbolon (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Quality, Jl. Ngumban Surbakti No.18 Sempakata, 20132 – Indonesia)
Eka Kartika Silalahi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Quality, Jl. Ngumban Surbakti No.18 Sempakata, 20132 – Indonesia)
Rinaldy Sianturi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Quality, Jl. Ngumban Surbakti No.18 Sempakata, 20132 – Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir secara optimal, memperhatikan latar belakang kemampuan pemecahan masalah dengan strategi konflik kognitif dalam perubahan konseptual adalah model pembelajaran (Predict-Observe-Explain) POE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen post-test only control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diuraikan simpulan sebagai berikut. Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional (F=28,177; p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetika (F=11,573; p<0,05). Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar konsep dasar IPA dan sikap ilmiah siswa (F=11,000;p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual (F=23,912; p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya belajar auditori (F=0,452; p<0,05). Terdapat perbedaan hasil belajar konsep dasar IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model POE dan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki gaya belajar kinestetika (F=25,991; p<0,05). Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar konsep dasar IPA pada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...