Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 12 No. 3 (2022)

PENGGUNAAN SARANA PEMBELAJARAN BUATAN GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH LUAR JARINGAN BAHASA INDONESIA SISWA KEALAS X DI SMK NEGERI BALI MANDARA

Putu Sri Laksmi Dewi (Univesitas Penidikan Ganesha)
I Gede Nurjaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Artika (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses , hambatan-hambatan yang dialami guru dan siswa, serta  respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar buatan guru pada sistem PJJ Luring bahasa Indonesia di kelas X SMKN Bali Mandara. Subjek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMKN Bali Mandara yang mengikuti sistem PJJ Luring. Objeknya yaitu, proses pelaksanaan, hambatan-hambatan guru dan siswa, serta respons siswa terhadap penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Proses pelaksanaan PJJ Luring berhasil di terapkan dengan cukup baik. Hambatan-hambatan yang diperoleh guru dan siswa yakni: guru kesulitan memberikan pemahaman secara intens terkait bahan ajar yang diberikan , guru kesulitan untuk memberikan inovasi-inovasi yang kreatif terhadap tugas-tugas yang melibatkan fasilitas tertentu, komunikasi yang kurang intens antara siswa dan guru, serta jaringan internet yang kurang stabil ketika siswa hendak mengikuti pembelajaran  menggunakan media Classroom. Respons peserta didik terkait penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring yaitu cukup baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata minat siswa 60%, respons 64% serta efektivitas sarana pembelajaran 65%  dengan kualifikasi keefektivan cukup baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...