Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar materi ciri-ciri makhluk hidup pada peserta didik kelas III SD Negeri Socah 3 Bangkalan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilangsungkan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini diadakan di SD Negeri Socah 3 Bangkalan dengan subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik pada kelas III tahun ajaran 2022/2023. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, serta lembar soal evaluasi. Temuan penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-ratanya mencapai 52,30 dengan ketuntasan klasikal 42,3%. Pada siklus pertama, nilai rata-ratanya mencapai 72,73 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,38% dan pada siklus kedua, nilai rata-rata tesnya mencapai 85,80 dengan presentase ketuntasan klasikal 96,15%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model Problem Based Learning pada materi ciri-ciri makhluk hidup pada peserta didik kelas III SD Negeri Socah 3 Bangkalan.
Copyrights © 2023