Penggunaan teknologi informasi pada anak-anak dalam program pembelajaran anak usia dini yang berbasis bermain berpeluang besar untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun tidak sedikit juga perdebatan yang terjadi mengenai integrasi teknologi untuk pendidikan awal di usia dini khususnya dampak negatifnya bagi anak-anak. Makalah ini menyajikan potensi manfaat dan dampak teknologi pada saat diintegrasikan ke dalam pembelajaran lembaga PAUD sehingga dapat dijadikan sebuah kajian untuk para guru PAUD mengenai bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung bermain dan kesempatan belajar anak-anak. Kajian berbagai macam perkembangan teknologi yang banyak memanfaatkan eksplorasi sumber data yang besar (Big Data) khususnya dari jaringan internet sehingga dapat membantu guru untuk memanfaatkannya melalui teknologi komputer dalam pengajaran mereka. Kemajuan teknologi informatika pada era Big Data ini telah memberikan peluang besar sekaligus tantangan berat bagi guru PAUD untuk dapat merancang dan membuat materi pembelajaran secara lebih interaktif melalui berbagai macam peralatan teknologi informasi dengan memanfaatkan Big Data di jaringan internet dan sekaligus mudah diberikan kepada anak-anak usia dini.
Copyrights © 2022