Masalah awal dalam berwirausaha biasanya para pelaku wirausaha sulit untuk memahami permintaan serta kebutuhan calon konsumen. Ketidakpastian pasar dan perubahan permintaan membuat para wirausahawan tidak dapat memprediksi permintaan dan kebutuhan pasar. Tujuan penelitian ini melakukan evaluasi yang kuat pada kumpulan informasi yang didapat dari data microblogging untuk memperkirakan variabel pasar. Dengan membuat perancang sistem prediksi minat pasar wirausaha melalui pemanfaatan platform microblogging twitter menggunakan metode naïve bayes, sistem ini dapat menghasilkan model prediksi pasar secara otomatis melalui pemanfaatan data microbloging popular. Metode naïve bayes digunakan untuk mengklasifikasikan data untuk minat pasar tertentu hasil prediksi ini diperkirakan akan menjadi cara efektif untuk meningkatkan kinerja dan keunggulan bersaing dalam berwirausaha. Kumpulan dataset diambil dari salah satu platform microblogging yaitu aplikasi twitter dengan lima kata kunci dari cabang bisnis pakaian diantaranya celana, jaket, mukena, tunik dan kebaya. Dataset yang di ambil dibagi menjadi dua, data latih dan data uji. Data latih digunakan untuk membuat model prediksi sedangkan data uji dijadikan sebagai data evaluasi perancangan model. Setelah melakukan pengujian, akurasi sistem yang dihasilkan model sebesar 87%. Model yang dibuat menggunakan metode naïve bayes dikategorikan sangat baik dalam melakukan prediksi. Hasil akurasi prediksi dapat dilihat dalam bentuk berita popular sebagai acuan dalam menyediakan produk sesuai dengan permintaan dan kebutuhan calon konsumen
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022