Science and Technology (SciTech)
1st Seminar Nasional dan Prosiding Scitech 2022

GAME EDUKASI PENGENALAN RUMAH ADAT TRADISIONAL JEPARA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA KELAS 4 SD N 01 JLEGONG




Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Rumah adat adalah rumah tempat diselenggarakanya upacara istiadat, selain itu juga berfungsi sebagai temapat berteduh, beristirahat, serta tempat berkumpul keluarga. Namun pengaruh budaya asing yang semakin gencar, membuat masyarakat tidak tertarik untuk mempelajari kebudayaan bangsa sendiri terutama Rumah Adat tradisional itu sendiri. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan agar peserta didik dapat tertarik untuk mengenal dan mempelajari tentang rumah adat tradisional jepara. Adanya media pembelajaran yang mempermudah dalam mempelajari tentang rumah adat tradisonal jepara ini, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang rumah adat tradisional jepara melalui sebuah game edukasi. Hasil penelitian ini yaitu sebuah game edukasi berupa game puzzle yang didalamnya menjelaskan materi dan menyusun gambar rumah adat tradisional jepara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scitech

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terdiri dari 8 keilmuan program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Budidaya Perairan. Melalui transformasi digital harapannya; akademisi dapat menangkap peluang usaha sebagai sumber penghasilan ...