Penelitian ini ditalarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTsN 1 Pesisir Selatan. Pentingnya pemahaman konsep harus didukung juga dengan kemampuan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Kemampuan ini diperlukan ketekunan self regulated learning atau kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning peserta didik pada tingkat kemandirian belajar tinggi sudah mampu menguasai indikator kemampuan pemahaman konsep dengan baik. Pada tingkat kemandirian sedang, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik ini sudah cukup baik. Sedangkan pada tingkat kemandirian belajar rendah, dalam kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih kurang. Dari penelitian ini diketahui bahwa peserta didik pada kemandirian belajar tinggi maka kemampuan pemahaman konsep matematisnya akan baik. sedangkan peserta didik yang berkemandirian belajar rendah, kemampuan pemahaman konsepnya pada kategori kurang baik. The development of science and technology is increasing which influences the younger generation of Indonesia on their local culture. One of the cultural heritages in East Borneo comes from the Dayak ethnic. In this regard, the existence of culture needs to be maintained for the nation's successors and must be instilled from an early age, one of which is through education. This research aims to produce Local Wisdom of the Dayak Tribe-based Mathematics E-Module on Number Pattern material that is valid, practical, and effective. This research involved 60 students of VIII Grade of Public Junior High School 23 Balikpapan. As for the results of the study, the average validity reached a percentage of 88.85% in the Very Valid category, the practicality reached a percentage of 94.67% in the Very Practical category, and the effectiveness of student responses reached a percentage of 85.98% in the Very Effective category, the result outcome learning above the MCC reaches 90% in the Very Effective category, and the N-Gain score reaches 0.63 in the Medium category. Thus, it can be concluded that the development of a Local Wisdom of the Dayak Tribe-based Mathematics E-Module is feasible to implement.
Copyrights © 2023