Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru dan siswa kelas V SDN Pojok 1 Kabupaten Kediri ditemukan beberapa permasalahan materi alat gerak dan fungsinya pada manusia yaitu siswa cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya pemgembangan video pembelajaran berbasis aplikasi Animaker materi alat gerak dan fungsinya pada manusia untuk siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan produk tersebut. Metode yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dan model pengembangan menggunakan model ADDIE. Validasi materi diperoleh skor 84% dan validasi media diperoleh skor 92%. Data kepraktisan diperoleh dari angket respon guru diperoleh skor 90% dan angket respom siswa diperoleh skor 94%. Data keefektifan diperoleh dari hasil pengerjaan soal posttest siswa mendapat skor 85%. Mala dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi Animaker materi alat gerak dan fungsinya pada manusia untuk siswa kelas V sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023