JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN TERAPAN
Vol 20, No 1 (2023)

Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelaanggan Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru

Yeni Melia (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Rendi Ardiansyah (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Khairul Marlin (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Novriful Novriful (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua orang/tamu Hotel New Resty Menara pada bulan Januari-November tahun 2022  sebanyak 15.474 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling/probability sampling dengan rumus slovin yang berjumlah 99 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Peneliti mengolah data dengan menggunakan uji statistik yang diolah dengan menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru. Secara simultan fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga hipotesis diterima atau fasiltas dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jembatan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan (Jembatan) adalah jurnal yang dipublikasi secara berkala oleh Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat 3 (tiga) kajian khusus bidang manajemen yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya ...