Pada saat ini ditemui siswa yang bertingkah laku tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat, tingkah laku yang dapat dikatakan memiliki moral yang rendah atau bahkan dianggap tidak bermoral, hal ini tergantung batasan nilai-nilai moral itu sendiri. Nilai-nilai moral adalah bagian penting dalam pembentukan kepribadian siswa sehingga sebagai pedoman untuk bertingkah laku, Penilaian terhadap moral adalah bersifat abstrak, karena keabstrakannya ini maka pembentukan nilai-nilai moral dapat dilakukan dengan cara menanamkannya pada pembelajaran. Guru bimbingan dan konseling dapat menjadi model bagi siswanya dalam bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dari berbicara, bersikap dan mengendalikan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan nilai dan moral pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan memanfaatkan artikel dan jurnal yang terkait dengan nilai dan norma. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa guru BK dapat mengupayakan cara untuk meningkatkan nilai dan moral pada siswa yaitu dengan cara memberikan layanan-layanan BK
Copyrights © 2022