Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 3 : Al Qalam (Mei 2023)

Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Unggulan di SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School (ABBS) Surakarta

Arif Hidayat (Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sofyan Anif (Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Maryadi Maryadi (Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Kepemimpinan visioner adalah kemampuan pemimpin untuk menciptakan, merumuskan, mengomunikasikan dan menerapkan semua tujuan organisasi untuk diwujudkan bersama-sama. Dalam melakukan kepemimpinan visioner, kepala sekolah harus memiliki karakteristik kompetensi dan peran yang melekat dalam rangka mewujudkan cita-cita sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) karakteristik kompetensi yang dimiliki kepala sekolah dalam pengelolaan program unggulan (2) upaya yang diperankan kepala sekolah dalam pengelolaan program unggulan (3) efektifitas kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam pengelolaan program unggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus (case study). Pengumpulan data diperoleh melalui observasi berperanserta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji credibility (validitas internal) dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi; transferability (validitas eksternal); dependability (reliabilitas); dan confirmability (objektivitas). Melalui analisis dari studi ini, peneliti menemukan bahwa (1) kepala sekolah memiliki karakteristik kompetensi yang cukup dalam mengelola program unggulan (2) kepala sekolah menjalankan peran kepemimpinan visioner dalam pengelolaan program unggulan (3) kepala sekolah dengan efektif melakukan transformasi dan implementasi visi sekolah yang dijabarkan kedalam layanan pendidikan program unggulan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...