Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua terhadap aspek kognitif PAI siswa. Penelitian ini menggunakan metode dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK YPKK 3 Sleman, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Oleh karena itu, jumlah populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sama, yaitu kelas XI berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menerapkan analisis data kuantitatif berupa regresi berganda menggunakan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat Pendidikan orang tua dengan penilaian aspek kognitif PAI, tingkat ekonomi orang tua dengan penilaian aspek kognitif PAI juga memiliki pengaruh, dan kedua variable X (tingkat Pendidikan dan ekonomi) secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap Y (penilaian aspek kognitif PAI).
Copyrights © 2023