Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model permainan dapat meningkatkan koordinasi gerak anak usia dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah murid sekolah dasar SD Rappocini Kelas V dengan jumlah murid sebanyak 41 siswa yang akan diberikan model-model permainan untuk meningkatkan koordinasi gerak usia sekolah dasar. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes shuttle run, tes lempar tangkap bola dan tes stork stand positional balance atau tes keseimbangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif yaitu analisis data persentase. Berdasarkan hasil validasi permainan yang dikembangkan dinilai valid dan layak sehingga pengembangan model permainan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi gerak anak SD dapat diujicobakan untuk pengembangan model permainan. Secara keseluruhan pengembangan model permainan untuk meningkatkan koordinasi gerak anak sekolah dasar dapat diterapkan atau diimplementasikan kepada anak usia sekolah dasar, dilihat dari hadil penelitian dimana terdapat perubahan yang signifikan dari data tes awal atau pretest yang mengalami peningkatan pada data tes akhir atau postest. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pengembangan model permainan terhadap peningkatan koordinasi gerak anak usia sekolah dasar, artinya koordinasi gerak anak usia dasar sekolah dasar yang diajar menggunakan pengembangan model permainanan mengalami peningkatan.  Kata Kunci: Model Permainaan, Gerakan Dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022