cover
Contact Name
Yusri
Contact Email
yusri@unm.ac.id
Phone
+6285255602827
Journal Mail Official
yusri@unm.ac.id
Editorial Address
A.P. Pettarani Street, Makassar, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
ISSN : 97862338     EISSN : 97862338     DOI : https://doi.org/10.26858/semnaslp2munm
Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama mengeksplor potensi ekonomi kreatif yan gsejak lama ada dan sedang tumbuh di masyarakat. Berdasar pada latarbelakang itulah seminar nasional dengan Tema “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia” penting untuk dilakukan. Seminar ini diharapkan akan member motivasi dan inspirasi, terutama kepada pengabdi untuk melahirkan berbagai karya, produk dan konsep aplikatif, terutama terkait dengan produk berbasis akselerasi percepatan pembangunan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,119 Documents
Culture Invasion dalam Kearifan Lokal Makassar pada Era Milenial (Studi Kasus Bahasa Makassar) Hajrah Hajrah; Nurhusna Nurhusna; Aswat Asri
Seminar Nasional LP2M UNM SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 1
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.688 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan culture invasion dalam kearifan lokal makassar pada era milenial. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan data penelitian berupa bahasa verbal dan nonverbal yang digunakan oleh anak milenial dalam kehidupan sehari-hari. Data dikumpulkan melalui angket penelitian. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahasa verbal dalam kearifan lokal makassar terdiri dari budaya, a) sipakatau, b) sipakalebbi, dan c) sipakainge; (2) bahasa nonverbal dalam kearifan lokal makassar a) menunduk saat  lewat di depan orang (tabe), b) menatap mata lawan bicara saat berbicara. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk melestarikan dan mempertahankan bahasa Makassar melalui kearifan lokal Makassar. Kata Kunci:  Culture Invasion, Bahasa Makassar, Bahasa Verbal, Bahasa Non-verbal
Paradigma Pelayanan Administratif Perpanjangan Surat Izin Mengemudi Di Masa Pandemi Covid 19 H. Rusdin Nawi
Seminar Nasional LP2M UNM SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.957 KB)

Abstract

Abstrak. New normal yang diwacanakan di masa pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar bagi masyarakat di Indonesia. Secara garis besar tetap membatasi interaksi antar individu. Pelayanan publik yang selama ini dilakukan dengan beinteraksi secara langsung harus dibatasi bahkan harus beralih kepada pelayanan secara online. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan paradigma pelayanan administrasi dalam hal ini layanan sistem online perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di masa pandemi Covid 19. Pelayanan perpanjangan SIM merupakan pelayanan publik yang dibutuhkan. Kesenjangan yang dirasakan oleh publik dalam pengurusan SIM di masa pandemi Covid 19 diterapkan secara online adalah waktu pengurusan yang lama, tidak sederhana, prosedur berbelit-belit, diskriminatif, biaya pembuatan yang tidak sesuai karena birokrasi yang panjang dan ditemukan banyak oknum yang menyalahgunakan prinsip pelayanan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis yang digunakan secara deskriptif, untuk pengolahan informasi diperoleh di lapangan melalui wawancara dan pengamatan di lapangan. Pelayanan SIM sistem online yang diberikan oleh pihak Polresta sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada yang dikategorikan kurang baik. Beberapa indikator yang sudah berjalan dengan baik seperti prosedur pelayanan yang sudah sesuai dengan SOP, waktu penyelesaian yang sesuai dengan jadwal yang ditentutan dan proses pelayanannya selesai dalam waktu lebih kurang 15 (lima belas) menit, biaya pelayanan yang sesuai dengan peraturan pemerintah, produk pelayanan dan kompetensi petugas yang sudah sesuai dengan ketentuan. Akan tetapi ada pula indikator yang belum maksimal atau dikategorikan kurang baik seperti sarana dan prasarana dimana meja untuk publik untuk mengisi formulir dan kursi yang terbatas tidak sesuai dengan jumlah publik yang mengurus perpanjangan SIM dan terkendalanya system jaringan yang menjadi penghambat pelayanan. Faktor- faktor yang mempengaruhi pelayanan pengurusan SIM sistem online ditentukan jaringan internet yang sering offline/error. Kurangnya sosialisasi Pihak Polresta kepada publik dalam menginformasikan pelayanan sistem online, serta kurang sigap dan tanggap petugas mengoperasikan sistem onlineKata kunci: Paradigma Pelayanan Administratif, SIM, Sistem Online.
Perancangan media informasi Program Studi Abdul Aziz Said; Baso Indra Wijaya Aziz
Seminar Nasional LP2M UNM Prosiding Edisi 5
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.462 KB)

Abstract

This study aims to create an information media containing a comprehensive explanation of the existence of study programs within the Faculty of Arts and Design Makassar State University, where the final product is in the form of information media in motion picture format recorded on DVD discs. The methodology applied is 'design research methodology' which includes three stages, namely: analysis, synthesis, and evaluation. In the analysis process which is the pre-production stage, problem identification is carried out, story board analysis, and identification of the main factors related to the methods and techniques of making information media. In the synthesis process which is the production stage, a video recording is carried out about the existence of each study program in the form of sequential moving images, image/video editing, and sound/background music input, which are then compiled in a single information media unit. While at the post-production stage is the final evaluation stage by verifying based on the problem and the purpose of the research and improvement. The benefits of this study are to provide a true and comprehensive understanding to the wider community, about the existence of the Study Program: Fine Arts Education, Physical Education, Dance, and Visual Communication Design; with the hope of increasing interest and interest in the community to become students at one of the study programs.
Akulturasi Kebudayaan dalam Motif Batik Semarangan Sarah Rum Handayani; Nooryan Bahari; Mursidah Mursidah
Seminar Nasional LP2M UNM 2017
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.737 KB)

Abstract

Artikel ini membahas mengenai Batik Semarangan yang memiliki motif khas cukup beragam. Antara lain motif arsitektural (Lawang Sewu, Tugu Muda, Sam Po Kong, dan lain-lain) dan motif flora fauna (asem, sulur-sulur, ikan, dan lainlain). Salah satu motif batik Semarangan yang unik dan menarik adalah motif Warak Ngendog. Visualisasi motif Warak Ngendog dibuat dengan merujuk pada hewan mitologi kepercayaan warga Semarang. Jurnal ini akan mendiskusikan visual motif Warak Ngendog melalui sudut pandang estetika Wilfried Van Damme. Pengkajian estetika terhadap karya motif batik Warak Ngendog bertujuan untuk mengetahui kandungan nilai-nilai keindahan universal dari karya tersebut.
Persepsi Orangtua Pemulung Terhadap Penyelenggaraan Sekolah Impian di Kota Makassar Syamsul Bakhri Gaffar; Latang Latang; Rahmawati Syam
Seminar Nasional LP2M UNM SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 8
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.055 KB)

Abstract

Abstrak. The problem in this study is how parents perceive the implementation of Dream School in Makassar City. This study aims to determine the parents perceptions of scavengers on the implementation of Dream School in Makassar City. The approach use is a quantitative approach to the type of survey research. The population of this research is parents of scavengers who have early childhood who are involved in Dream School in Makssar City. Data collection techniques were carried out by using questionnaires on parents perception of scavengers on the implementation of Dream School, and documentation techniques by recording and documenting data related to Dream Schools in Makassar City. The data analysis technique used is descriptive statistical by using percentage. The results showed  that the parents perception of waste collectors on the implementation of Dream School in Makassar City was very helpful for parents in educating their children, reducing anxiety obout the future of children, parents having plenty of time to do activities both as scavengers an as housewives. Kata Kunci: Perception, Parents of scavengers, Dream School
Sikap Mahasiswa, Konsep Diri, dan Penilaian Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Serta Hubungannya dengan Penguasaan Materi Metodologi Penelitian Muhammad Sidin Ali; Tri Hastiti Fiskawarni; A. Sri Astika Wahyuni
Seminar Nasional LP2M UNM SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 8
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.613 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam tentang sikap mahasiswa, konsep diri, dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen serta hubungannya dengan penguasaan materi metodologi penelitian, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.  Penelitian ini adalah survey yang sifatnya korelasional dengan populasi seluruh mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar yang sedang/telah memprogramkan matakuliah metodologi penelitian tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 99 orang. Sampel diperoleh melalui multi Stage random sampling dengan cara  incidental dan diperoleh ukuran sampel  80 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui tes dan nontes. Instrumen nontes menggunakan lembar kuesioner yang telah divalidasi secara teoretik oleh tiga pakar metodologi melalui teori Aiken. Variabel penelitian terdiri atas tiga variabel bebas yaitu sikap mahasiswa terhadap metodologi penelitian (X1), konsep diri (X2), dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen (X3) serta satu variabel terikat yaitu penguasaan materi metodologi penelitian (Y). Teknik pengumpulan data berupa tes dan kuesioner serta teknik analisis data dengan menggunakan analisi deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat-empatnya variabel berada pada kategori tinggi. Selanjutnya hasil penelitian diperoleh; terdapat hubungan positip dan siqnifikan antara (1) sikap mahasiswa dengan penguasaan materi metodologi penelitian, (2) konsep diri dengan penguasaan materi metodologi penelitian, (3) penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dengan penguasaan materi metodologi penelitian, dan (4) sikap mahasiswa, konsep diri, dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen dengan penguasaan materi metodologi penelitian, (5) sikap mahasiswa dengan penguasaan materi metodologi penelitian jika konsep diri dan penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dikendalikan, (6) konsep diri dengan penguasaan materi metodologi penelitian jika sikap mahasiswa dan penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dikendalikan, dan (7) penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dengan penguasaan materi metodologi penelitian jika sikap mahasiswa dan konsep diri dikendalikan pada mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar. Kata Kunci:  Sikap Mahasiswa, Konsep Diri, Kinerja Dosen, dan Penguasaan Materi Metodologi Penelitian   
Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Nani Kurnia; Adnan Adnan; Akhmad Faqih Dzulkarnain
Seminar Nasional LP2M UNM SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.909 KB)

Abstract

Education plays an important role to ensure the survival of a nation and state, and to develop the quality of human resources. The success of the learning process is determined by many aspects one of which is the quality of learning media used in the classroom. One solution that can be done by teachers to teach students by participating and utilizing technology that has developed. The era of the industrial revolution 4.0 or the fourth world industrial revolution where information technology has become the basis in human life. Preparing graduates who are qualified and able to compete globally, and mastering technological development is important for everyone and important for the future of a country. The use of electronic learning media can build knowledge and increase student learning interest. Research shows that giving and involving students in doing academic tasks can build initial knowledge and understanding of students which tends to increase student motivation and understanding so that the nature of learning shifts from teacher centered to student centered. Cell material and developmental growth were chosen because they have abstract material content so that researchers develop interactive biology based on Mindjet Mindmanager biology that makes it easy for students to understand the material and provide varied learning. Mindjet Mindmanager is one program that supports information technology-based learning with the aim of facilitating teachers and students and shaping innovation and computer-based learning creations. This study aims to develop interactive biology based on mindjet mindmanager on cell matter and growth and development that are valid. This developmental research was carried out by adopting the ADDIE development model. The resulting product is in the form of interactive biology multimedia. The results showed that interactive biology based on mindjet mindmanager is valid and suitable for use by teachers and students.
Dasar Elektronika Berbasis Trainer Mikrokontroler Dalam Rangka Memfasilitasi Keterampilan Vokasional Saliruddin Saliruddin; Muh. Ma’ruf Idris; Hendra Jaya
Seminar Nasional LP2M UNM 2017
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.771 KB)

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini adalah (1) mengetahui perancangan trainer mikrokontroler, (2) mengetahui prinsip kerja dan prosedur penggunan trainer mikrokontroler. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi atau pengamatan secara langsung, yaitu pengamatan terhadap cara kerja mikrokontroler sebagai perangkat proses dengan aplikasi beberapa perangkat input dan output. Penelitian ini merupakan penelitian perancangan yang menghasilkan trainer mikrokontroler yang terdiri dari rangkaian mikrokontroler untuk aplikasi menyalakan LED, aplikasi menyalakan LED menggunakan push button, aplikasi menampilkan karakter (huruf, angka, dan khusus) pada LCD, aplikasi menampilkan karakter angka pada seven segment, aplikasi mengontrol tegangan AC dengan menggunakan relay, aplikasi pengendali motor DC, aplikasi penggunaan internal ADC dengan menggunakan sensor LDR, Photodioda, dan suhu, aplikasi pembaca jarak dengan sensor ultrasonik HC-SR04, aplikasi pengendali motor servo, aplikasi pewaktu menggunakan RTC. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium/workshop Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian dalam karya tulis ini adalah rancang bangun trainer Mikrokontroler Atmega32 sebagai media pembelajaran terdiri dari bagian input yaitu sensor ultrasonik, sensor suhu , sensor cahaya (LDR dan Photodioda), dan saklar. Bagian proses yaitu mikrokontroler Atmega32 yang mengolah setiap data masukan maupun keluaran. Bagian output yaitu LED, LCD, seven segmen, motor dc, motor servo, relay, RTC, dan buzzer. Hasil pengujian dan pengamatan untuk kerja setiap bagian trainer tersebut mampu mengeksekusi program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman C dan setiap sensor berfungsi seperti yang diharapkan. Kata Kunci: Mikrokontroler, Trainer, ATmega32
Pengembangan Pariwisata pada Kawasan Saoraja Pattojo Andi Abidah; Muh. Idhil Maming; Andi Yusdy Dwiasta
Seminar Nasional LP2M UNM SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 3
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.379 KB)

Abstract

Abstract. The ke-datu-an of pattojo area is one of the areas that has historical value that can be developed into a cultural tourism area, where the area is a cultural heritage that has a character like the area of old cities in Java. In the area there is a private residential building datu pattoj0 (saoraja tanre, pattojo palace office or known as saouraja batu / kance), these two buildings have  colonial architecture shape at the time. Around the sauraja (palace) there are squares, schools, mosques built by the kedatuan of pattojo during the reign of pattojo XI. Meanwhile, the location of the market has turned into a residential area. This research is a qualitative research by conducting a field survey. Area spots that can become tourist spots are developed by creating regional linkages so that visitors can easily access them. Keywords: : Saoraja Pattojo, Linkage, Heritage Tourism
Dampak Pandemi Covid-19 dan Pembelajaran Daring di Kampung Atas Air Balikpapan Nurul Kamaliah Umasangaji; Andi Agustang; Arlin Adam; Andi Alim
Seminar Nasional LP2M UNM SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional LP2M UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.518 KB)

Abstract

Abstrak. Covid-19 merupakan pandemic yang menjadikan iklim pendidikan yang berubah di Indonesia secara signifikan, terutama di dunia pendidikan. Pembelajaran anak sekolah berubah drastic yang awalnya tatap muka menjadi dalam jaringan atau yang kita kenal dengan istilah daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran daring dan kajian dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik angket tidak struktur dan studi pustaka. Subjek penelitian berjumlah 6 responden, yaitu 2 guru kelas, 2 orang tua siswa, 2 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring di wilayah Kampung di Atasa Air Balikpapan dengan Siswa yang duduk pada bangku  SD dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google classroom, google meet, video youtube, video pembelajaran guru dan zoom meeting. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, bagi guru, siswa, dan orang tua mengenal aplikasi – aplikasi pembelajaran. Namun, lebih banyak dampak negatif yang diperoleh, diantaranya guru memiliki tenaga ekstra dalam melayani siswa, pembelajaran tidak sesuai dengan harapan karena banyak kendala di lapangan, tidak maksimalnya sarana prasarana pendukung menjadi kendala utama sehingga pembelajaran tidak efektif dan efisien. Peserta didik tidak konsentrasi, banyak bermain bahkan tidak mengumpulkan tugas karena malas menyelesaikannya. Orangtrua mengeluarkan biaya tambahan dalam hal menyiapkan data kuota atau jaringan internet. Kata Kunci: Dampak Covid-19, Pembelajaran Daring, Kampung Atas Air

Page 1 of 112 | Total Record : 1119


Filter by Year

2017 2025


Filter By Issues
All Issue SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2025 : PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2023 : PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 1 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 8 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 7 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 6 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 5 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 4 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 3 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 2 SEMNAS 2019 : PROSIDING EDISI 1 Prosiding Edisi 7 Prosiding Edisi 6 Prosiding Edisi 5 Prosiding Edisi 4 Prosiding Edisi 3 Prosiding Edisi 2 Prosiding Edisi 1 2017 More Issue