Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
2017

Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Contextal Teaching and Learning (CTL) bagi Siswa SMP di Sulawesi Selatan

Munir Munir (Universitas Negeri Makassar)
Riola Hya Nur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2017

Abstract

Target khusus penelitian ini adalah menghasilkan: (1) RPP (Lesson Plan) untuk siswa SMP, (2) lembar kerja Siswa (Student Worksheet); dan buku siswa berbasis CTL. Tujuan jangka panjang yang akan dicapai adalah terjadinya proses pembelajaran bahasa Inggris berbasis CTL yang dapat meningkatkan keterampilan berbahsa Inggris siswa SMP di Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan cara mempelajari sejumlah model pengembangan perangkat pembelajaran, untuk selanjutnya memilih dan menerapkan model pengembangan perangkat yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan latar belakang perkembangan psikologi siswa SMP. Uji coba berulang terhadap perangkat pembelajaran dilakukan guna mendapatkan prototype perangkat pembelajaran terbaik yang memenuhi kebutuhan siswa SMP di Sulawesi Selatan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dan kemampuan berpikir kritis mereka adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berbahasa Inggris berbasis CTL; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakmampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah tidak terjadinya proses pembelajaran bahasa Inggris yang memberikan peluang bagi siswa untuk menggunakan bahasa Inggris scara maksimal di dalam kelas. Hal tersebut berbeda dengan proses pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran berbasis CTL dimana siswa memiliki peluang untuk berbicara dan berpikir secara kritis untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi secara nyata di depan teman-teman kelasnya untuk mempertahan hasil proyek yang mereka laporkan. Selain itu, dengan perangkat pembelajaran berbasis CTL, ditemukan juga bahwa kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris siswa dengan teman-teman sekelas maupun terhadap guru juga terlihat meningkat. Kata kunci: Pembelajaran berbasisCTL, berpikir kritis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...