Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Mikrokontroler Platform Arduino yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) versi Borg and Gall yang telah disederhanakan melalui empat tahapan: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan; 3) uji lapangan; dan 4) diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul Mikrokontroler Platform Arduino divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan kepada sembilan mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Mikrokontroler Platform Arduino sebagai bahan ajar Mata Kuliah Mikrokontroler di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini mendapat rerata skor setelah divalidasi oleh ahli materi sebesar 3,58 termasuk dalam kategori “sangat layak”, oleh ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,43 termasuk dalam kategori “sangat layak”, dan dari uji lapangan mendapat rerata skor sebesar 3,74 termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji lapangan tersebut maka modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Mikrokontroler.   Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Mikrokontroler, Arduino
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022