Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
2017

Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bilingual: Mendukung Program Guru MIPA Unggulan (PGMIPA-U)

Hamzah Upu (Universitas Negeri Makassar)
Salam Salam (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini diharapkan mampu mendukung program pemerintah, terutama Pendidikan Guru MIPA Unggulan (PGMIPA U) dan program Bilingual (ICP) FMIPA Universitas Negeri Makasssar. Target khusus adalah menghasilkan: (1) Student Book Model, Student Worksheet Model, dan Lesson Plan Model – Dwi Bahasa, (2) Model Pembelajaran Matematika Bilingual untuk calon guru MIPA unggulan. Desain pengembangan penelitian yang digunakan adalah modifikasi dan adaptasi Research and Development (R&D) model Four-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), Thiagarajan, dkk (1974). Acuan Model Pembelajaran Matematika Bilingual yang diterapkan meliputi: (1) Pembelajaran kreatif, aktif, dan menyenangkan dengan pengantar 2 bahasa (Indonesia dan Inggris), (2) validator model adalah native speakers, dan (3) sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dampak instruksional, dan dampak pengiring mampu menggiring pola pikir, wawasan keilmuan, dan content knowledge mahasiswa calon guru MIPA unggulan berwawasan internasional. Keywords: Pengembangan Model, Pembelajaran Matematika, Bilingual

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...