Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana model modul mata kuliah kerajinan yang dikembangkan di Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ; (2) validitas modul mata kuliah kerajinan yang dikembangkan ; (3) bagaimana respon mahasiswa dalam penggunaan modul kerajinan yang dikembangkan ; (4)  efektivitas penggunaan modul mata kuliah kerajinan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang  dilaksanakan di Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Model pengembangan 4D merupakan kepanjangan dari Define, Design, Development dan Dissemination. Thiagarajan (1974). Hasil penelitian menunjukkan: (1)   model modul kerajinan yang dikembangkan dengan sistematika isi modul terdiri dari : sampul, halaman awal, kata pengantar, daftar isi, bab I pendahuluan (deskripsi, petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran), Bab II s.d Bab X terdiri dari berbagai macam kerajinan yang dipraktekkan mahasiswa dan tdaftar pustaka; (2)  modul pembelajaran yang dikembangkan pada mata kuliah Kerajinan memenuhi validasi ahli. Penilaian ahli media dengan perolehan nilai 78,75 pada kategori Baik dan  ahli materi nilai 85,00 pada kategori Baik; (3) modul kerajinan yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari mahasiswa pada uji coba modul dengan nilai 88,21 berada pada kategori Baik; (4) Efektivitas penggunaan modul kerajinan sesuai tanggapan mahasiswa terhadap  modul kerajinan yang dikembangkan sebesar 89,06 berada pada kategori baik. Kata Kunci: Pengembangan modul kerajinan tangan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021