Abstrak. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian yang berjudul “Model Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa berbasis Online dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum di Masa New Normal”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat dan mengidentifikasi model pembelajaran tata bahasa (Grammar) berbasis online bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan angket dan produk hasil akhir mata kuliah Project (Lesson Plan and Instruction). Jumlah sampling yang digunakan adalah 52 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Project (Lesson Plan and Instruction). Dari 52 orang tersebut, 4 orang mahasiswa memilih pembelajaran tata bahasa (Grammar). Analisis data meliputi observasi, open coding, dan axial coding. Hasilnya mengungkapkan media yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran pengetahuan tata bahasa (Grammar) terbagi dalam media online 75% (3 orang) dan offline 25% (1 orang) dalam pembelajaran tata bahasa (Grammar). Aplikasi yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran tata bahasa (Grammar) terbagi dalam penggunaan Zoom, face-to face secara offline, Google Translate dan YouTube masing- masing 25% (1 orang). Metode pembelajaran yang mahasiswa terapkan dalam pembelajaran tata bahasa (Grammar) yaitu, Communicative Language Teaching (75%) dan Students Discovery Learning (25%). Adapun topik yang dibawakan antara lain: Tenses; The Use of the One/ Ones; Asking and Giving Advices; dan Recount Text. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tata Bahasa, Online, Kurikulum, New Normal
Copyrights © 2022