Abstrak. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan merupakan salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring tersebut, Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM menerapkan program belajar daring, tidak terkecuali pada mata kuliah melukis non realis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran melukis non realis secara daring pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, kegiatan pembelajaran pendahuluan; pada kegiatan awal pembelajaran Lukis Non Realis pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM adalah mengkondisikan agar mahasiswa termotivasi dalam pembelajaran untuk mewujudkanketercapaian tujuan pembelajaran. Kedua, menyampaikan informasi teknik penyampaian informasi (materi) kepada mahasiswa menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga waktu proses pembelaran daring berjalan efektif. Ketiga, partisipasi mahasiswa. Keempat, tes atau evaluasi untuk mengetahui materi yang disampaikan atau diinformasikan kepada mahasiswa berhasil atau tidak. Kelima, kegiatan remidi dalam kegiatan lanjutan ini setelah tes, hal yang dilakukan adalah setelah memeriksa hasil tes mahasiswa. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Daring, Non Realis
Copyrights © 2022