Journal Of Early Childhood And Islamic Education
Vol 1 No 1 (2022): JOECIE

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan

Abdullah (Unknown)
Moh. Ali Wafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model problem-based learning sebagai salah satu inovasi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia khususnya ketika pelajaran pendidikan agama Islam, pembelajaran ini diterapkan agar siswa dapat termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Lokasi penelitian ini dilakukan di sebuah lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan yaitu di SMPN 5 Bangkalan. Adapun sumber data yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah sumber data utama kepala sekolah, waka kurikulum, guru, serta siswa-siswi SMPN 5 Bangkalan. Hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Bangkalan berjalan dengan baik, tingkat efisien dan efektifitasnya sangat optimal dan punya daya tarik yang bagus, terbukti siswa senang belajar dan dapat dengan mudah materi tersampaikan atau diterima oleh siswa sehingga ada perubahan pada kemampuan berpikirnya, dalam hal ini guru juga memberikan kepercayaan, dukungan, penghargaan, sehingga setiap siswa lebih termotivasi dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOECIE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JOECIE Journal is a scientific journal in the field of early childhood Islamic education. This journal is published by the Early Childhood Islamic Education Study Program (PIAUD) STAI Muafi Sampang. Published manuscripts contain scientific writings related to: 1) Theoretical studies related to early ...