Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model problem-based learning sebagai salah satu inovasi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia khususnya ketika pelajaran pendidikan agama Islam, pembelajaran ini diterapkan agar siswa dapat termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Lokasi penelitian ini dilakukan di sebuah lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan yaitu di SMPN 5 Bangkalan. Adapun sumber data yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah sumber data utama kepala sekolah, waka kurikulum, guru, serta siswa-siswi SMPN 5 Bangkalan. Hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Bangkalan berjalan dengan baik, tingkat efisien dan efektifitasnya sangat optimal dan punya daya tarik yang bagus, terbukti siswa senang belajar dan dapat dengan mudah materi tersampaikan atau diterima oleh siswa sehingga ada perubahan pada kemampuan berpikirnya, dalam hal ini guru juga memberikan kepercayaan, dukungan, penghargaan, sehingga setiap siswa lebih termotivasi dalam belajar.
Copyrights © 2022