Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2021): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Saat Home Learning terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV MI Al-Mursyidiyyah

Linda Malika (Univeritas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Takiddin Takiddin (Univeritas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kedisiplin saat Home Learning terhadap hasil belajar IPS kelas IV MI Al-Mursyidiyyah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Hasil analisis diperolah harga koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,306, koefisien korelasi tersebut bernilai positif maka terdapat pengaruh positif variabel motivasi belajar dan kedisiplinan saat Home Learning terhadap hasil belajar IPS. Nilai koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,093 atau 9,3% yang berarti bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan saat Home Learning mampu menjelaskan 9,3% perubahan hasil belajar. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...