Lunturnya nilai-nilai karakter yang ada pada peserta didik salah satunya disebabkan oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat. Untuk mempertahankan nilai-nilai karakter peserta didik, tentu memerlukan adanya pendidikan Nasional . Untuk menyempurnakan pelaksanaan pendidikan nasional dalam upaya meningkatkan nilai karakter peserta didik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim telah menjadikan Profil Pelajar Pancasila sebagai salah satu Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah deskripsi yang lebih utuh dan mendalam dari peran guru dalam menanamkan nilai karakter peserta didik melalui P5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru dan peserta didik kelas IV di SDN Sumampir, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, didapatkan hasil bahwa guru telah sepenuhnya berperan dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik yang terlihat dari tumbuhnya nilai-nilai dimensi profil pelajar pancasila pada peserta didik yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekhaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Copyrights © 2023