Teknik pancing merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan keefektivitasan pembelajaran menulis teks eksposisi. Penggunaan teknik pancing dalam pembelajaran menulis teks eksposisi diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang lebih kreatif. Selain itu, teknik pancing juga diharapkan mampu mengoptimalkan keterampilan menulis teks eksposisi dalam menyajikan informasi secara jelas, sistematis dan objektif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penggunaan teknik pancing dalam pembelajaran menulis teks eksposis siswa kelas VIII di SMPN 4 Batang Anai. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan siswa dalam belajar yaitu siklus I, hanya 63% siswa yang memenuhi ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, peningkatan yang signifikan terlihat dengan 90% siswa mencapai ketuntasan belajar. Di samping itu, siswa juga terlihat antusias dan terlibat aktif mengikuti pembelajaran teks eksposisi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023