JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN
Vol 4 No 1 (2021): FEBRUARI

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN BENDA TEGAR KELASXI SEMESTER GANJIL SMA SWASTAGKPI PADANG BULANMEDAN T.P 2020/2021

Irwan Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis belajar fisika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok kesetimbangan benda tegar kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan semester Ganjil T.P.2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis belajar fisika pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Medan. orang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koopeatif tipe STAD adalah siswa kelas XI-MIA-2 yang terdiri dari 31 siswa. Dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk mendapatkan peningkatan keterampilan berpikir kritis belajar yang baik. Instrument dalam soal ini berjumlah 14 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 option (a, b, c dan d) yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai Gain, Peningkatan Keterampilan berpikir kritis dari pretes ke postes siklus I adalah G=0,33 dikategorikan sedang, selanjutnya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa siklus I ke siklus II adalah G= 0,78 dan motivasi belajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,86 dikategorikan sangat tinggi. Ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar fisika yang tinggi, serta adanya keterampilan berpikir kritis yang tercapai saat proses belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi pokok kesetimbangan benda tegar kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Medan semester ganjil T.P 2020/2021

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpenelitianfisikawan

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisikawan is a scientific publication to disseminate the results of research and society service and the results of various fields of thought knowledge to the klecturers, students and related institutions, especially in Indonesiawhich leads to an increasing the "human development ...