Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Edmodo pada kompetensi dasar menyusun kembali format dokumen pengolah kata terhadap hasil belajar siswa di SMK Pertiwi Kuningan, mengetahui pengaruhnya media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun kembali format dokumen pengolah kata dan mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo. Hasil penelitian dan analisa pada penelitian ini diketahui tingkat penggunaan media pembelajaran Edmodo masuk kedalam kategori Tinggi dimana dari jumlah sampel 31 siswa yang dijadikan sampel 23 siswa masuk kategori tinggi 74%, 6 siswa masuk kategori sedang 19%, dan 2 siswa masuk kategori rendah 6% rendah. Pengaruh media pembelajaran Edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan terbukti hasil rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 92.13 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 88 dan rata-rata hasil pertanyaan kuisioner siswa sebesar 89.35 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 72. Serta didukung dengan hasil Corfficients diketahui bahwa nilai t hitung = 3.421 dan nilai t tabel (0,05 ; 29) = 1.69913 karena t hitung > t tabel yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan setelah siswa belajar menggunakan media pembelajaran Edmodo.
Copyrights © 2022