Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 4 NOMOR 1 MARET 2023

Pengelolaan Pendidikan Inklusif

Mirna Sahrudin (SMA Negeri 2 Gorontalo)
Novianti Djafri (Universitas Negeri Gorontalo)
Arifin Suking (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran perencanaan pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG, (2) pelaksanaan pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG, (3) Penilaian pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG, (4) Keberlanjutan pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan tiga cara yaitu: (1) wawancara, (2) observasi, (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar studi kasus di SD 27 Kota Selatan dan SD Laboratorium UNG adalah sebagai berikut: (1). Perencanaan pembelajaran inklusif dari aspek: (a) identifikasi dan asesmen b) profil peserta didik inklusif. (c) program pendidikan individual siswa inklusif (d) sumber daya guru inklusif terdiri dari guru yang sudah mengikuti pelatihan dan memiliki sertifikat (e) pembiayaan pendidikan merupakan pendanaan yang khusus dialokasikan untuk kegiatan pembelajaran siswa inklusif. (2) Pelaksanaan pengelolaan pendidikan inklusif dilihat dari aspek kurikulum yang sudah dimodifikasi, strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa inklusif dan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran dan pembimbingan siswa inklusif. (3) Penilaian pengelolaan pendidikan inklusif di lihat dari karakteristik penilaian siswa inklusif dan laporan hasil belajar. (4) Keberlanjutan pengelolaan pendidikan inklusif dilihat dari peningkatan siswa inklusif yang mendaftar disekolah inklusif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...