SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Pengaruh Motivasi dan Kecerdasan Advertisi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Di Kota Batam

Felicia Meldyana Doko (Program Studi Akuntansi, Universitas Putera Batam)
Handra Tipa (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Dalam memenuhi pendidikan profesi akuntansi yaitu didasari oleh minat yang dibarengi dengan motivasi dari dalam dirinya serta kemampuan menghadapi kesulitan. Yang mana minat itu sendiri memiliki arti sebagai suatu ketertarikan terhadap sesuatu hal bagi seseorang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa motivasi dan kecerdasan advertisi terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini, yaitu teknik purposive sampling, yang memiliki sampel sebanyak 100 responden. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner serta menggunakan skala likert. Ada beberapa teknik menganalisa data yang digunakan yaitu antara lain seperti analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial motivasi dan kecerdasan advertisi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir. Begitu juga secara simultan bahwa motivasi dan kecerdasan advertisi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan di Kota Batam. Kata Kunci: Minat Berkarir, Motivasi, Kecerdasan Advertisi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...