Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument dan menguji kelayakannya sehingga menghasilkan instrument yang valid dan reliabel instrument karakter tanggung jawab pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Devolopment, yang terdiri dari 8 tahapan yang meliputi: Menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, mentelaah instrumen, melakukan uji coba, menganalisis instrumen, dan merakit instrumen. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket atau kuesioner menggunakan google form. Subyek dalam penelitian melibatkan 71 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan simpel random sampling. Pengujian validitas instrument menggunakan Formula Lawshe dengan melibatkan lima orang pakar dan praktisi bimbingan konseling untuk pernyataan yang mengacu pada kisi-kisi instrument yang telah disusun. Pengujian validitas empirik menggunakan Pearson Correlation dengan cara menghitung korelasi antara nilai yang diperoleh dari pernyataan. Sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach yang disebar melalui googleform. Berdasarkan uji validitas instrument, uji validitas empirik, dan uji reliabilitas instrument karakter tanggung jawab pada siswa termasuk kedalam kategori validitas dan reliabilitas dengan nilai validitas instrument dapat dikatakan layak. Abstract: This study aims to develop an instrument and test its feasibility so as to produce a valid and reliable instrument for the character of responsibility for students. This study uses the Research and Development method, which consists of 8 stages which include: Determining the specifications of the instrument, writing the instrument, determining the scale of the instrument, determining the scoring system, reviewing the instrument, conducting trials, analyzing the instrument, and assembling the instrument. In this study, the data collection technique was carried out using a questionnaire technique using google form. The subjects in the study involved 71 students who were selected using simple random sampling. Testing the validity of the instrument using Lawshe's Formula by involving five experts and counseling guidance practitioners for statements that refer to the instrument grid that has been prepared. Empirical validity testing using Pearson Correlation by calculating the correlation between the values obtained from the statement. Meanwhile, the reliability test used the Cronbach Alpha technique which was distributed through googleform. Based on the instrument validity test, empirical validity test, and the reliability test of the instrument's character of responsibility on the students included in the category of validity and reliability with the value of instrument validity can be said to be feasible.
Copyrights © 2021