Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia

Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Self-Autonomy Pada Masa Pra Remaja

I Made Satya Madyana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Ketut Suarni (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Dharsana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen dan menguji validitasnya sehingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur karakter kemandirian pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yaitu 10 tahapan pengembangan dari yang terdiri dari 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, dan 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Masal. Pengujian validitas melibatkan lima orang pakar dan praktisi bimbingan konseling untuk menilai kelayakan instrumen yang dikembangkan yang terdiri dari 30 item pernyataan yang mengacu pada kisi-kisi instrumen yang telah disusun. Sedangkan pengujian ini melibatkan 65 responden siswa dengan menggunakan teknik random sampling dan penyebaran instrumennya melalui google form. Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner diukur dengan skala likert. Berdasarkan analisis data menggunakan uji validitas, uji validitas empirik dan uji reliabilitas, maka instrumen self autonomy untuk siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas serta termasuk kedalam kategori validitas dan reliabilitas tinggi. Sehingga instrument self autonomy dapat dikatakan layak untuk mengukur karakter kemandirian pada siswa. Abstract: This study aims to develop an instrument and test its validity so as to produce a valid and reliable instrument in measuring the character of independence in junior high school students. This study uses the Research and Development method, namely 10 stages of development consisting of 1) Potential and Problems, 2) Information Gathering, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Revision, 6) Product Trial, and 7) Product Revision, 8) Usage Trial, 9) Product Revision, 10) Mass Production. The validity test involved five experts and counseling guidance practitioners to assess the feasibility of the developed instrument consisting of 30 statement items referring to the instrument grid that had been compiled. While this test involved 65 student respondents using random sampling technique and the distribution of the instrument through google form. The data collection used in the form of a questionnaire measured by a Likert scale. Based on data analysis using validity tests, empirical validity tests and reliability tests, the self-autonomy instrument for students developed has met the validity criteria and is included in the category of high validity and reliability. So that the self-autonomy instrument can be said to be feasible to measure the character of independence in students.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_bk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is a peer-reviewed journal, published by Universitas Pendidikan Ganesha. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling. Its scope counseling in education, sections ...