Abstrak: Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikelayakaninstrumenpenilaian matematika awal pada anak Taman Kanak-kanak, yang dilakukandi TK Tunas Harapan dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian yangdigunakanyaitupenelitianpengembangan(ResearchandDevelopment)yangdilakukan dengan model RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitianadalah instrument digital matematika awal pada anak dan 15 siswa kelompokB TK Tunas Harapan. Instrumen digital matematika awal pada anakkelompokBinitelahdiujiolehduaorangahliataupakaruntukmengukurvaliditasdandua orang guru yang diuji coba pada anak untuk mengetahui tingkat reliabilitas. Hasilanalisis data berdasarkan uji ahli atau pakar, pernyataan yang valid sebanyak 10 butiryang dihitung menggunakan rumus Gregory. Hasil perhitungan validitas instrumenmatematika awalpadaanaksebesar1dengankriteriavaliditassangattinggi,danuji validitas butir yang dihasilkan adalah 10 butir pernyataan dinyatakan valid. Hasiluji reliabilitas instrumen pada anak kelompok B sebanyak 15 siswa, yang dihitungmenggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 1,08 dengan kriteria reliabilitas tinggi.Maka dapat disimpulkan, instrumen yang telah diuji berdasarkan tingkat validitas danreliabilitasnya dapat digunakan sebagai alat penilaian yang akurat untuk mengukurtingkatkemampuan
Copyrights © 2022